Selamat datang di blog besi putih aksesoris, satu-satunya blog yang melayani pembelian online perhiasan besi butih khas dan asli Maluku Utara. Untuk saat ini koleksi produk dapat dilihat di www.al-azyan.blogspot.com. Terimakasih telah berkunjung dan selamat menikmati aktivitas belanja Anda.

Pindah Blog

Untuk melihat-lihat koleksi perhiasan besi putih, sekarang bisa diakses melalui www.al-azyan.blogspot.com atau dengan meng-klik tab KATALOG pada bagian atas blog ini.


Demikian, terima kasih.



Kilau Indah
Tahukah agan?
Perhiasan besi putih di Ternate berasal dari Pulau Morotai. Morotai sendiri dulu merupakan pusat pangkalan tentara Jepang pada perang dunia II, lalu direbut Sekutu. Di sana banyak sekali tersisa bangkai pesawat, kapal laut, dan berbagai macam peralatan perang. Rongsokan pesawat terbang maupun kapal laut itulah yang disebut besi putih anti karat kini menjadi sumber nafkah penduduknya. Dalam jumlah banyak yang dikatakan tidak ada akan habisnya, setiap hari paling tidak ada enam orang yang mengambilnya. Mereka melayani pengrajin yang menyalurkan produksinya berupa kalung, gelang dan cincin kepada lebih 30 pedagang kerajinan perhiasan besi putih tersebut di kota Ternate. Ane kutip dari lombok news, di sana dibilang begini gan, "Adalah Ridwan Mangoda alias Iwan, 22 tahun, diantara penjualnya yang sejak lima tahun terakhir ini berjualan di Jalan Busairi Kompleks Pasar Gamalama. Menggunakan modal Rp20 juta, ia memiliki satu peti (istilah tempat jualannya) diantara lebih 30 peti pedagang. Di situlah ia melayani orang-orang yang datang dari luar daerah berbelanja oleh-oleh perhiasan tersebut dalam berbagai bentuk model. Ada yang berupa gelang rantai kecil untuk anak-anak atau gelang rantai besar. Orang yang belanja kebanyakan dari luar daerah. Ada dari Jakarta atau Manado, ujar Iwan.
Ini dibenarkan oleh Abubakar Abas Has, salah seorang warga kota Ternate yang sering mendampingi tamunya dari Jakarta.Ya saya sering mengantar teman yang datang untuk berbelanja di sini,” ucapnya, Ahad (26/8) malam di pasar Gamalama. Inilah, katanya, satu-satunya pasar produk besi putih terbesar di Indonesia".

Kerajinan besi putih emang udh terkenal gan. Orang luar klo jalan-jalan ke Ternate biasanya beli besi putih untuk cindera mata.

Tahun ini akan diadakan sail morotai. Mudah-mudahan aja acara ini akan memberi efek positif bagi masyarakat di sini gan. Kita doain kehidupan masyarakatnya semakin lebih baik. Yuks kita dukung hasil karya masyarakat kita. Salah satunya kerajinan besi putih ini. Kerajinan besi putih, hasil karya anak negeri dari ujung Indonesia.